5 Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Berkualitas

  • Whatsapp
5-Tips-Cerdas-Membeli-Mobil-Bekas-Berkualitas
Foto dari Canva

Memiliki mobil pribadi mungkin menjadi harapan semua orang di dunia. Kemudahan dan kenyamanan akomodasi yang mendukung aktivitas harian, kenapa tidak? Hanya saja tidak semua orang bisa langsung membeli mobil secara tunai. Metode pembayaran kredit mobil menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin memiliki kendaraan pribadi. Tak hanya mobil baru saja, Anda juga bisa mendapatkan kemudahan dalam mengajukan kredit mobil bekas.

Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Untuk Anda yang tertarik membeli mobil bekas, sebaiknya pertimbangkan cara memilih mobil bekas yang berkualitas. Dewasa ini, Anda bisa menemukan banyak penjual mobil bekas, tetapi belum tentu menjamin profesionalitas dalam pelayanan dan jaminan kualitas. Yuk, simak tips memilih mobil bekas yang bagus berikut ini!

1. Memperhatikan kredibilitas penjual

Di mana Anda akan membeli mobil bekas yang berkualitas? Sebaiknya Anda menyimak kelebihan dan kekurangan membeli sebuah mobil bekas pada perseorangan atau dealer yang berkaitan. Cek rekam jejak penjual agar Anda yakin bahwa profesionalitas mereka bisa dipertanggungjawabkan. Jangan sampai Anda membeli mobil bekas pada orang yang kurang bertanggung jawab.

2. Mengecek kondisi mobil

Kalau Anda awam terhadap mesin mobil, tidak ada salahnya mengajak teman atau teknisi yang handal di bidang ini. Tak hanya kondisi mesin mobil yang masih prima, Anda juga bisa mengecek bagian-bagian yang lain seperti eksterior, interior atau penggunaan aksesoris pendukung. Pengecekan mobil bekas yang teliti akan meminimalisir risiko Anda membeli mobil yang kurang bagus.

3. Mengecek kelengkapan surat-surat

Anda harus tahu risiko membeli mobil bodong atau tidak memiliki kelengkapan surat-surat yang berdampak pada urusan hukum. Bisa jadi mobil merupakan barang curian yang harus dipertanggungjawabkan secara hukum. Anda jelas tidak ingin dianggap sebagai penadah barang kriminalitas, bukan?

Anda harus mengutamakan kelengkapan surat seperti STNK, BPKB dan faktur pembelian. Jangan lupa untuk mengecek rangka dan nomor mesin mobil sesuai dengan surat yang ada.

4. Mengecek service berkala

Catatan service yang dilakukan oleh pemilik mobil bisa menjadi nilai tambahan untuk Anda yang hendak membeli mobil bekas. Service yang rutin dilakukan bisa menjadi indikasi bahwa perawatan mobil sudah prima. Pemilik yang bertanggung jawab pasti melakukan service di bengkel mobil resmi sehingga kualitas mesin mobil tetap optimal.

5. Mewaspadai penawaran harga miring

Mau membeli mobil bekas secara tunai dengan harga miring, sebaiknya Anda pikirkan lebih matang. Harga miring bukan patokan bahwa mobil yang dijual dalam kondisi buruk, tetapi Anda harus waspada. Anda harus melakukan riset untuk mengetahui harga mobil di pasaran. Tidak ada salahnya untuk membandingkan harga dari satu dealer dengan dealer lain. Tentu kondisi mobil sangat mempengaruhi harga yang ditawarkan meskipun mobil memiliki tipe yang sama.

Pengajuan kredit mobil bekas mungkin memberikan selisih harga yang berbeda antara harga tunai dan angsuran. Namun, Anda bisa mempertimbangkan berapa nilai uang muka, angsuran dan tenor yang berlaku. Agar bisa memberikan keuntungan lebih maksimal, Anda bisa menggunakan mobil bekas sebagai transportasi usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *